13 Keahlian IT Paling Dicari di 2011
Tak diragukan teknologi telah merambah sangat jauh ke dalam kehidupan manusia, hampir disetiap kegiatan kita mendapat campur tangan dari “makhluk” yang bernama teknologi ini. Demikian pula bidang pekerjaan, tidak sedikit ahli-ahli bidang IT yang diperlukan. Apa saja kemampuan yang wajib kamu milikisupaya mampu bersaing dalam kancah IT tahun depan, berikut ini merupakan 13 kemampuan bidang IT paling dicari tahun 2011 yang dikutip dari Computer World berikut ini.1. Programming & Application Development
Supaya mampu bertahan di pasar yang demikian dinamis, perusahaan butuh bermanuver dengan cepat serta memanfaatkan IT untuk menumbuhkan bisnisnya melalui produk dan inovasi baru. Di sinilah kemampuan untuk mengembangkan pemrograman dan aplikasi dibutuhkan. Terbukti dari perusahaan yang mulai menaikan upah dibidang ini, yang berarti mereka mencari kemampuan yang lebih di area tersebut untuk kepentingannya.
2. Project Management
Perusahaan IT butuh orang-orang kompeten untuk menjalankan proyek yang mampir di perusahaan mereka. Orang-orang yang kompeten tersebut harus memiliki kemampuan yang tinggi agar tidak ketinggalan dengan teknologi serta mampu memimpin sebuah tim dalam upaya mengerjakan tugas yang mereka emban.
3. Help Desk/Technical Support
Perkembangan IT untuk mendukung bisnis perusahaan sangatlah cepat, supaya tidak tertinggal mereka harus menciptakan terobosan atau inovasi baru. Sehingga kemampuan dari para pekerja harus selalu ditingkatkan. Di sinilah keberadaan seorang help desk atau technical support dibutuhkan. Ini bisa jadi salah satu alasan mengapa peran seorang help desk/technical support sangat banyak dicari.
4. Networking
Networking atau jaringan jelas merupakan perangkat wajib di perusahaan. Dengan keberadaannya, perusahaan dapat meningkatkan kinerja serta efisiensi. Karena perannya sangat vital, maka perusahaan membutuhkan tenaga di bidang networking yang memadai untuk menjembatani aktivitas perusahaan.
5. Security
Sekuriti merupakan satu-satunya bidang keahlian bersertifikat IT yang tidak pernah mengalami kuartal begatif selama masa resesi. Tingginya permintaan untuk kemampuan yang satu ini didorong oleh kebutuhan untuk memenuhi regulasi dan banyaknya konsumen yang meminta tools dengan fitur-fitur security built-in. Kemampuan security yang layak disimak termasuk keahlian dalam manajemen identitas dan akses, penilaian ancaman dan kerentanan, enkripsi, menghindari kehilangan data, analisa insiden, audit, biometrik, penyaringan konten web, keamaan sistem voice-over-IP, dan dukungan e-discovery untuk proses pengadilan.
6. Data Center
Storage alias ruang penyimpanan menjadi semakin penting seiring beralihnya kita ke network-attach storage (dan storage area-network). Mengapa hal ini penting? Karena orang yang bergelut dibidang storage harus mampu berfikir strategis, apakah kita telah menempatkan hal yang benar di tempat yang benar, dan mengeluarkan dana yang tepat untuk urusan maintenance, back-up data dan keamanan.
7. Web 2.0
Seiring dengan berkembangnya web-base application serta makin tingginya fungsionalitas perangkat mobile, maka dibutuhkan juga kemampuan web yang mumpuni. Sebut saja keahlian di bidang Adobe Flex, JavaScript, Adobe Flash, AJAX, dan JavaScript Object Notation.
8. Telekomunikasi
Setiap perusahaan pasti mendambakan kemudahan berkomunikasi untuk mendukung kinerja perusahaan, komunikasi yang efisien namun efktif sangat dibutuhkan. Sehingga dibutuhkan orang yang mampu mendesain infrastruktur dan mengintegrasikan berbagai tool komunikasi, termasuk instant messaging, telepon IP dan remote access.
9. Bussiness Intelegence
Data yang terus bertambah banyak dan departemen IT yang harus mencari cara untuk turut berkontribusi terhadap keuntungan perusahaan membuat kemampuan bussiness intelegence menjadi kebutuhan penting. Staff pada perusahaan harus dapat menginput data dengan sangat baik serta dapat mempresentasikan data tersebut menjadi informasi yang berguna.
10. Collaboration Architecture
Hampir setiap perusahaan memiliki kolaborasi dengan satu atau lebih perusahaan lain. Oleh karena itu perusahaan mencari cara untuk membantu menignkatkan pengalaman end-user dengan memahami bagaimana hal-hal seperti portal, web, dan audio dapat berintegrasi supaya dapat memiliki berkolaborasi yang lebih baik antar perusahaan. Meskipun sebagian tool kolaborasi telah tersedia dari operator, namun perusahaan tetap memerlukan pegawai yang dapat mengelola vendor-vendor tersebut dan memahami teknologi.
11. Ketajaman Bisnis & Komunikasi
Kemampuan ini tidak akan menjadi profesi yang spesifik, tetapi banyak perusahaan yang mencari staff IT yang mengerti bisnis dan dapat mengkomunikasikan konsep teknis kepada unit-unit bisnis dan pelanggan, serta mampu bicara tentang masalah IT kepada orang-orang yang tidak mengerti komputer.
12. Analisa Data
Data merupakan “barang berharga” disetiap perusahaan, berkembangnya jumlah data merupakan suatu hal yang tidak bisa dihindarkan. Permintaan staff IT dibidang ini sangat tinggi. Mereka membutuhkan pekerja dengan kemampuan yang tidak hanya menganalisa jumlah data yang memusingkan, namun juga bekerja dengan unit-unit bisnis untuk mendefinisikan data apa saja yang dibutuhkan dan pengelolaannya.
13. Memahami Resiko
Komplesitas IT yang terus berkembang akan berjibaku dengan proses bisnis yang dinamis, sehingga dibutuhkan pekerja IT dengan keahlian manajemen resiko untuk memprediksikan dan bereaksi terhadap tantangan-tantangan bisnis.
sumber: iyozdamnation.wordpress.com
terimakasih artikel anda sangat membantu saya.
BalasHapus