Senin, 20 April 2015

Keutamaan Bulan Rajab


Bulan Rajab adalah Bulan ketujuh dalam penanggalan Bulan Qomariah. Rajab merupakan bulan istimewa bagi umat Islam karena pada bulan ini perintah sholat lima waktu diturunkan, yaitu pada tanggal 27 Rajab tepatnya peristiwa Isra dan Mi'rajnya Nabi Muhammad SAW.

Rajab juga termasuk bulan haram (suci) yang dimuliakan selain bulan Dzulqa'adah, Dzulhijjah, Muharram karena pada ke empat bulan tersebut umat Islam dilarang untuk berperang.

Sedangkan keutamaan puasa dibulan Rajab :
Riwayat al Thabarani dari Said bin Rasyid ; Barang siapa berpuasa sehari dibulan Rajab maka ia laksana berpuasa setahun, bila puasa 7 hari maka ditutuplah baginya pintu pintu Neraka Jahim, Bila puasa 8 hari maka dibukakan pintu surga baginya, jika puasa 10 hari Allah mengabulkan semua permintaannya.

Sabda Rasulullah SAW: Pada malam mi'raj: "saya melihat sungai yang airnya lebih manis dari madu, lebih sejuk dari air batu, lebih harum dari minyak wangi", lalu saya bertanya pada Jibril as: "untuk siapa sungai ini?" maka Jibril menjawab :Ya Muhammad sungai ini untukorang yang membaca shalawat untuk engkau dibulan Rajab ini"  



Artikel Yang Terkait:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar