Sabtu, 06 November 2010

Keutamaan Istigfar

Muhammad Shalih Al Khuzaim dalam bukunya Shifat Shalat Qiyamullail,menjelaskan bahwa istigfar merupakan penutup amal saleh,penutup salat,haji,puasa dan juga penutup majelis,istigfar berfungsi untuk menutupi kekurangan kekurangan yang diperbuat selama melaksanakan ibadah tesebut,selain itu,istigfar juga sebagai penyebab utama mendapatkan ampunan Allah SWT.

beberapa Keutamaaan istigfar:

  1. dihapus kejelekannya dan di angkat derajatnya
  2. dilapangkan rezeki,anak,harta dan penyebab turunnya hujan."Maka Aku katakan pada mereka :Mohon ampunlah kepada Tuhanmu,sesungguhnya Dia adalah maha pengampun,niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat dan membanyakan harta dan anak-anakmu dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan pula di dalamnya untukmu sungai-sungai,mengapa kamu tidak percaya akan kebesaran Allah?"(QS Nuh[71]10-13).
  3. ditambah kekuatannya."Dan (dia berkata):Hai kaumku mohonlah ampun kepada Tuhanmu lalu bertobatlah kepada-NYA niscaya dia menurunkan hujan yang sangat deras kepadamu,dan Dia akan menambahkan kepada kekuatanmu dan janganlah kamu berpaling dengan bebuat dosa"(QS Hud[11]:52)
  4. dilenyapkan dosanya. "sesungguhnya bila seorang mukmin melakukan dosa,pada hatinya timbul satu noda hitam,bila ia bertobat,berhenti dari maksiat dan beristigfar,niscaya mengilap hatinya"(HR Ahmad)
  5. dimudahkan segala urusannya."barangsiapa yang membiasakan istigfar Allah akan memberikan jalan keluar baginya dari setiap kesulitan,akan memberikan kebahagiaan dari setiap kesusahan.dan akan memberikan rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka"(HR Abu Daud dan Ibnu Majah)
untuk itu,,ketahuilah dalam sebuah atsar disebutkan bahwa,"sesungguhnya Iblis pernah berkata::aku membinasakan manusia dengan dosa,dan mereka membinasakanku dengan La Ilaha Illallah dan Istigfar."wallahu a'lam.   



Artikel Yang Terkait:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar