Kamis, 04 November 2010

Manfaat Getah tanaman Jarak untuk Gigi

Banyak orang yang menganggap bahwa tananman jarak hanyalah tumbuhan liar.belakangan diketahui bahwa tumbuhan ini memiliki manfaat untuk kesehatanselain itu juga dari biji   tanaman jarak digunakan untuk penggunaan energi biodesel.saat ini sedang dikembangkan oleh Pertamina sebagai sumber energi alternatif.
hal ini membuktikan bahwa tanaman yang sebelumnya diabaikan ternyata memiliki nilai ekonomis yang cukup bermakna.

pernah terpikirkan tentang manfaat jarak? tumbuhan yang sering kita lihat di pekarangan,namun seringkali terabaikan. jarak pagar(jatropha curcas)termasuk famili euphorbiaceae,satu famili dengan karet dan ubikayu.masyarakat indonesia memanfaatkan tanaman ini sebagai terapi obat luar untuk terapi demam misalnya.selain itu kerap digunakan sebagai obat luka atau penyubur rambut.

saat ini para ahli telah meneliti bahwa  getah jarak mengandung senyawa sterol,flavon,serta spaponin.sterol merupakan senyawa awal untuk pembentukan vitamin D.flavon merupakan bagian dari flavonoid bisa berfunsi sebagai anti radang.sedangkan senyawa spaponin merupakan salahsatu bentuk glikosida,senyawa yang bersifat racun.saat ini tengah diteliti,manfaat getah jarak untuk mengatasi radang pada pulpa yang dapat merusak gusi.

untuk penggunaannya cukup dengan mengoleskannya saja pada bagian yang sakit..!!



Artikel Yang Terkait:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar